Gimana sih Cara Mengatasi Overthinking?

SURABAYAONLINE.CO – Overthinking adalah suatu kebiasaan individu yang memikirkan suatu hal secara berlebihan secara terus menerus tanpa tau ujungnya. Jadi biasannya orang itu akan mikirin suatu hal yang akan terjadi dan udah terjadi. Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi overthiking, bisa ajaa karena habis patah hati, kecewa, marah, sedih dan banyak hal lainnya yang apabila hal itu terus berulang bisa menjadi kebiasaan buruk yang bisa aja merugikan kamu dan orang-orang disekitarmu lohh..

Dampak lain dari Overthinking adalah akan kesulitan untuk tidur, karena biasanya jam-jam rawan orang Overthinking itu adalah alam hari, seseorang akan berusaha menerka-nerka apa yang akan terjadi esok hari dan masa depannya. Selain itu akan timbul rasa cemas  berlebihan yang akan membuat seseorang memperumit suatu keadaan dan sangat lambat untuk mengambil keputusan. Dari hal ini hal akan timbul rasa tidak percaya diri dan fisik yang cepat lelah padahal tidak banyak melakukan aktivitas.

Yukkk simak gimana cara aku mengatasi Overthinking!

 

  • Coba tuliskann hal Apa aja yang menjadi pikiranmu, Kenapa harus ditulis ? karena seringkali kamu gak sadar bahwa terkadang apa yang banyak kamu pikirkan saat kamu overthinking itu mungkin udah kamu pikirin juga sebelumnya, jadinya overthinking terus, kenapa ? karena sebelumnya mungkin kamu gak nulis, otakmu jadinya mikirin dari awal lagi semuanya, masalahnya dipikirin dari a sampai z, dan ini bisa jadi membuat seolah masalahnya ngga selesai di otak kamu, padahal mungkin emang gak pernah ditulisin aja kan.  Dengan kamu menuliskan masalahmu, kalau misalnya suatu saat mulai overthinking kamu bisa tuh ngecek tulisanmu sebelumnya. Kalau sebelumnya udah kamu pikirin ya kamu tinggal mikirin lanjutannya aja gak usah mikirin dari awal lagi, jadi kalau kamu udah nulis secara tidak langsung akan ada struktur berfikir yang kamu terapkan. Menariknya kayak gini selain nulis ini bakal bikin pemikiran kamu struktur, ya nulis ini juga dampaknya gini, secara langsung kan kamu memindahkan masalah-masalah kamu yang menumpuk ke media lain.

 

  • Do Something About You Thinking, Overthinking Jangan dibiarkan berlarut-larut. Temukan sumber kekhawatiran berlebihan yang kamu rasakan. Overthinking pasti ada hal-hal yang mendasari. Jadi coba pikirkan, dan ingat bahwa tekanan yang dirasakan tidak sebesar kelihatannya jika dihadapi dan diselesaikan.

 

  • Mencari aktivitas baru, Buat diri kamu menjadi sibuk dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti melakukan hobi atau olahraga secara rutin. Hal ini akan menciptakan perasaan bahagia, sekaligus dapat dijadikan media untuk “membuang” energi dengan tidak percuma.saat tubuh lelah usai melakukan hobi atau olahraga, Anda sudah tidak lagi memiliki energi untuk overthinking.Alhasil, Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

 

  • Menghargai diri sendiri, Latih diri untuk lebih menghargai diri sendiri. Gak perlu dengan cara berlebihan. Cukup katakan pada diri sendiri, “Semua baik-baik saja! Kamu bisa, kamu kuat!”. Atau katakan pada diri sendiri, “Terima kasih ya, kamu sudah berusaha yang terbaik”. Kata-kata positif yang kita berikan pada diri sendiri akan menuntun kita padamindsetyang positif. Sehingga ini dapat mengurang rasa overthinking.

(Windi)